Indosat Nilai Jaringan 4G LTE Mubazir

Indosat Nilai Jaringan 4G LTE Mubazir



JAKARTA - Indosat menjadi salah satu operator telekomunikasi besar yang belum mendeklarasikan penggunaan jaringan 4G LTE. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan Telkomsel dan XL yang sudah memulai sejak akhir 2014.

Menanggapi hal itu, Presiden Direktur/CEO Indosat, Alexander Rusli mengaku tidak pernah berpikir masuk ke jaringan generasi keempat itu di 2015. Meski demikian, Indosat saat ini masih menunggu izin pemerintah sekaligus memperkuat jaringan 3G terlebih dahulu di daerah-daerah.

"Kita sebenarnya sudah siap sejak dua tahun lalu, tetapi kita masih menunggu On dari pemerintah. Jika pemerintah oke, kita sudah sangat siap," ujar Alexander, Jumat (24/4/2015).

Namun demikian, bagi Alex untuk apa Indosat terburu-buru bermain di LTE, apabila ternyata jalur tersebut mubajir. Kenapa mubajir, karena bila dipaksakan tetap harus LTE, sementara penggunaan handset (smartphone) oleh masyarakat Indonesia masih rendah.

"Terlebih kalau handset yang mendukung 4G belum siap juga, yah mubajir juga dong. Sekarang mendingan kita perkuat 3G di daerah-daerah, di mana kita tahu sekarang ini karakteristik masyarakat Indonesia masih suka voice dan SMS," jelas Alexander.

Kendati demikian, tidak dipungkirinya bahwa real speed itu ada di 4G LTE, tetapi bila handsetnya masih 3G lebih baik Indosat mengarah ke sana. Apalagi, pengguna 2G di Indonesia masih besar dan tugas Indosat untuk mengajak masyarakat bermigrasi ke data internet menggunakan jaringan 3G.

"Baik jaringan 3G maupun 4G asalkan stabil saat browsing atau download itu sama saja. Jadi kembali lagi ke smartphone-nya harus siap juga dong," jelasnya.

Intinya, lanjut Alexander, selama pemerintah memberikan jadwal yang jelas, Indosat sudah sangat siap.

Indosat rencananya dalam waktu dekat ini akan memperkenalkan jaringan 4G LTE di frekuensi 900 MHz di 10 kota di Indonesia, kota pertama di Bali.
techno.okezone.com

0 Response to "Indosat Nilai Jaringan 4G LTE Mubazir"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme