Smartphone Bekas Dapat Dijadikan Alat Sensor Khusus

Smartphone Bekas Dapat Dijadikan Alat Sensor Khusus



CALIFORNIA – Ponsel berbasis Android yang sudah tak terpakai biasanya hanya teronggok tak berguna di dalam laci. Namun, saat ini sebuah tim dari Carnegie Mellon University telah menciptakan sebuah program yang dapat memanfaatkan smartphone Android tua menjadi alat pelacak atau sensor.

Sebagaimana dilaporkan Engadget, Kamis (23/4/2015), program yang diberi nama Zensors itu menggunakan kamera smartphone yang terhubung untuk melacak keadaan lingkungan sekitar. Program Zensors nantinya memungkinkan kamera smartphonemenjawab pertanyaan pengguna seputar keadaan lingkungan.

Salah satu tugas yang dapat dilakukan smartphone Android tak terpakai itu, di antaranya, mampu menghitung jumlah mobil di parkiran, serta mendeteksi mobil yang masuk dan keluar tempat parkir. Meski mampu melakukan tugas layaknya kamera CCTV, teknologi Zensors masih memiliki banyak kekurangan.

Kemampuan mendeteksi jumlah dan perhitungan yang dapat dilakukan oleh smartphone Android bekas yang memiliki fitur Zensors masih terbatas karena hanya menggunakan teknologi crowd-source dan logaritma. Meski begitu, para peneliti berharap sistem pendeteksi pada fitur Zensors akan terus berkembang sehingga mampu digunakan untuk melakukan pekerjaan yang sulit dilakukan manusia.

Hingga kini Zensor masih pengujian beta. Namun nanti jika benar-benar telah dimanfaatkan, Zensors diharapkan mampu menjadi alat pemantau dan pendeteksi lingkungan yang dapat digunakan manusia secara mudah.
techno.okezone.com

0 Response to "Smartphone Bekas Dapat Dijadikan Alat Sensor Khusus"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme